DEPARTEMEN-DEPARTEMEN DALAM HOTEL
1. Front Office
Department
Front Office Department adalah departemen
hotel yang tugasnya berhubugan lagsung dengan tamu, menerima pemesanan kamar
tamu, menerima pendaftaran tamu, maupun memberikan informasi yang diinginkan
tamu. Departemen ini merupakan kesan pertama bagi tamu ketika tamu hendak
check-in.
Adapun
seksi-seksi di Front Office Departement adalah sebagai berikut:
a.
Reservation,
check-in/out, extra bed.b. Reception
c. Telephone Operator
d. Front Office Cashier, menerima pembayaran kamar dan penggunaan fasilitas hotel dari tamu.
e. Information section
2. Housekeeping
Department
Housekeeping department adalah departemen
hotel yang bertanggung jawab atas seluruh kebersihan hotel baik dalam ruangan
maupun public area serta membersihkan berbagai fasilitas hotel. Housekeeping
terbagi atas beberapa seksi antara lain:
a.
Pembagian
tugas housekeepingb. Pembersihan dan cek status kamar (baik/rusak/perlu diganti perangkatnya) dan barang ketinggalan
c. Laundry section
d. Gardener & Florist section
e. Swimmimg pool section
3. Restaurant /
Food & Beverage Department
Restaurant menyediakan fasilitas resto dan
pesan-antar makanan di lingkungan hotel. Food and Beverage department adalah
departemen hotel yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan mengolah menyediakan
makanan dan minuman serta bertugas memberikan pelayanan kepada tamu pada saat
makan di restaurant. Food & Beverage Department dibagi beberapa bagian
diantara lain :
Food & Beverage Production adalah suatu
bagian yang bertugas mengolah bahan makanan menjadi bahan matang untuk disediakan kepada para
tamunya.
Food & Beverage Service adalah suatu
bentuk pelayanan berupa pengantaran order tamu. Food & Beverage Service
dibagi menjadi dua bagian lagi yaitu
4. Accounting
departement
Accounting departement adalah suatu
departemen hotel yang bertanggung jawab atas masalah administrasi hotel baik
pengeluaran maupun pendapatan keuangan di hotel.
5. Personalia/HRD
& Payroll Department
Personalia Departemen adalah suatu departemen
hotel yang bertugas menerima dan menempatkan karyawan/trainee, serta menangani
masalah yang dihadapi karyawan.
a.
Absensib. Training/pelatihan
c. Penggajian/payroll
d. Promosi/naik pangkat
e. Mutasi keluar/masuk
6. Purchasing &
Inventory department
Purchasing departemen adalah suatu bagian
yang bertanggung jawab atas keseluruhan pembelian pengadaan serta semua
kebutuhan hotel.
a.
Menangani
semua pembelian yang dilakukan oleh hotel. Menerima permintaan kebutuhan barang
dari tiap departemen. Melakukan pemilihan supplier/lelang untuk pengadaan
barang.b. Manajemen barang masuk. Posisi barang di tiap departmen dan penanggung jawabnya.
c. Manajemen penyusutan barang.
d. Manajemen perbaikan barang.
e. Manajemen barang rusak/pemutihan barang
7. Engineering
Department
Engineering Department adalah suatu
departemen hotel yang bertanggung jawab untuk menangani perawatan maupun
perbaikan atas semua alat-alat serta mesin yang ada di hotel apabila mengalami
kerusakan.
a.
Sistem
kelistrikanb. Sistem telepon/PABX
c. Sistem televisi ke tiap kamar
d. Sistem LAN kantor dan internet
e. Sistem AC
8. Sales & Marketing
& Public Relation department
Marketing departement adalah suatu bagian
yang bertugas memasarkan hotel kepada masyarakat maupun pelanggan agar setiap
tahunnya mengalami peningkatan atas tamu-tamu yang menginap dan menggunakan fasilitas-fasilitas
hotel.
a.
Manajemen
Harga kamar berdasarkan high season dan low season, harga kamar untuk travel
agent, reservasi group, pelanggan setia dll.b. Manajemen Travel Agent. Pembayaran penggunaan kamar dan fasilitas-fasilitas hotel oleh tamu dari travel agent.
c. Manajemen Customer. Data customer. Bonus/diskon untuk costumer setia.
d. Promosi lewat media massa (inovasi: promosi lewat social media)
0 komentar :
Posting Komentar