Tata Graha

| Minggu, 09 Februari 2014




TATA GRAHA

A.      Arti Penting Tata Graha
Peranan department tata graha cukup penting dan memikul tanggung jawab yang cukup berat. Standart/ tingkat kebersihan pada suatu hotel merupakan tolak ukur bagi tamu yang menempati atau yang memakai fasilitas hotel itu. Kebersihan dan kelengkapannya maupun keindahan dan kerapiannya diciptakan oleh department tata graha. Dalam hal ini yang menyebabkan tugas department ini cukup berat karena ia bertanggung jawab terhadap pemeliharaan bangunan secara keseluruhan.

B.      Tugas Pokok dan Fungsi Tata Graha
Tugas pokok yaitu:
1.       Menyelenggarakan kebersihan dan pemeliharaan area serta perlengkapannya untuk menciptakan suasana nyaman dan aman serta menyenangkan bagi tamu dan bagi karyawan.
Fungsi pokok yaitu:
1.       Menyelenggarakan pembersihan secara teratur terhadap semua kamar tamu atau ruang umum untuk tamu dan ruang pelayanan.
2.       Membuat dekorasi baik untuk di dalam maupun di luar ruangan.
3.       Mengatur seluruh perabotan kamar.
4.       Menangani linen dan pakaian seragam kerja karyawan atau uniform.
5.       Menyelenggarakan administrasi pemeliharaan dan membuat laporan.
6.       Menyusun rencana pembiayaan, pembersihan dan pemeliharaan.
7.       Membina kerja sama yang baik dengan semua department di hotel.

C.      Seksi-Seksi Tata Graha
Ruang lingkup yang dipertanggung jawabkan oleh departemen tata graha sangat luas dan harus dipelihara secara berkesinambungan untuk itu di perlukan staff yang cukup memadai dan memiliki ketrampilan yang tinggi. Untuk lebih jelasnya akan terlihat pada seksi-seksi berikut:
1.       Seksi kamar atau room section yaitu section yang bertanggung jawab terhadap kamar tamu.
2.       Seksi ruangan umum atau houseman section yaitu bagian yang bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kelengkapan semua ruangan hotel kecuali kamar tamu.
3.       Seksi linen dan pakaian seragam kerja yaitu section yang bertanggung jawab terhadap semua jenis linen yang diperlukan oleh hotel dan semua seragam kerja seluruh karyawan.
4.       Seksi gudang tata graha atau housekeeping store adalah staff tata graha setiap melaksanakan tugasnya memerlukan cukup banyak peralatan antara lain alat-alat pembersih, bahan-bahan pembersih dan barang-barang keperluan tamu.
5.       Seksi pengadaan bunga atau florist adalah bagian yang tugas utamanya sehubungan dengan tanaman hias dan rangkaian bunga.
6.       Seksi binatu atau laundry and dry cleaning yaitu seksi yang bertanggung jawab terhadap pencucian semua linen hotel , pencucian pakaian tamu dan pencucian pakaian seragam karyawan.
7.       Seksi pemeliharaan atau engineering seksi ini biasanya dalam hotel besar seksi ini terpisan dengan department tata graha dan merupakan seksi tersendiri.

1 komentar :

▲Top▲